Skip to main content

Tips Menulis "Menbedakan Tulisan Ilmiah VS Tulisan Populer


“Beberapa penulis pemula mengalami kebingungan,”
“Ketika menulis artikel di media massa,”
“Tulisan seperti apakah yang seharusnya?”

Menulis artikel di media massa memiliki beberapa ketentuan. Artikel yang mudah dibaca, menarik minat siapa saja yang membaca. Semua itu akan memberikan penilaian terhadap kualitas dari sebuah karya yang ditulis. Karya yang bagus akan mendapat penghargaan yang seimbang.
Beberapa kesulitan seringkali ditemui pada para penulis pemula. Beberapa tulisan yang dibuat seakan belum menemukan arah. Apakah tulisan tersebut akan disusun secara ilmiah atau populer. Terlebih lagi beberapa tulisan berisi semacam kritikan, entah itu ditujukan pada pemerintah, sosio-kemasyarakatan atau lainnya. Para pembaca seringkali menanyakan bobot ilmiahnya. Yaitu mengenai sumber ataupun validitas dari karya yang ditulis. Karena bagi sebagian orang, tulisan yang bersifat kritik harus disusun dengan ‘serius’ agar kritikan tersebut tidak menyesatkan para pembaca.
Berangkat dari persoalan karakteristik mutu suatu tulisan di media massa. Terdapat dua jenis karya yang bisa dijumpai, yaitu: tulisan ilmiah dan tulisan populer. Kedua jenis tulisan ini tentu saja memiliki perbedaan. Lebih lanjut mengenai perbedaanya akan dijelaskan pada uraian berikut ini:

1. Judul
Pada umumnya judul sebuah tulisan dibuat menarik dan mengajak orang untuk membaca tulisan sampai selesai. Judul tulisan populer menggunakan bahasa menarik dan tidak terbatas pada bahasa baku. Sebaliknya judul tulisan ilmiah mengandung bahasa baku sesuai Ejaan yang Disempurnakan (EYD) serta cukup menarik minat orang untuk membaca isi tulisan.

2. Tekhnik penulisan
Pada tulisan populer, tekhnik penulisan yang digunakan bebas, runtut, jelas. Tulisan populer tidak mengacu pada suatu tekhnik penulisan tertentu. Sementara tulisan ilmiah, memiliki tekhnik penulisan yang baku. Ada beberapa tekhnik penulisan yang umum digunakan, salah satunya yaitu: Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Metode Penelitian, Pembahasan, dan Kesimpulan. Tekhnik penulisan ilmiah disesuaikan dengan kebutuhan dari materi yang dibahas dan teori tekhnik penulisan yang dianut penulis.

3. Validitas
Adalah nilai dari sebuah tulisan apakah telah akurat, benar, dan tepat sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah yang berlaku. Tidak semua tulisan memiliki validitas yang baik. Terkadang beberapa tulisan yang cemerlang, tidak memilki validitas yang baik. Sebab tidak semua hal dapat dibuktikan validitasnya. Misalnya dalam ilmu pengetahuan alam, pada awalnya tidak dapat dibuktikan argumentasi bahwa bumi itu bulat. Sehingga argumentasi tersebut dinyatakan tidak valid (tidak benar, tidak akurat). Namun setelah teknologi semakin canggih (ditemukan teleskop, manusia berhasil ke luar angkasa), akhirnya diyakini bahwa bumi memang bulat, dan argumentasi tersebut dinyatakan valid.
Pada tulisan populer, validitas suatu karya tidak terlalu dipersoalkan. Karena sifatnya bebas namun tetap harus bisa dipertanggungjawabkan. Sementara tulisan ilmiah, validitasnya sangat penting. Kualitas dari sebuah tulisan ilmiah, salah satu tolak ukurnya adalah validitas.

4. Tujuan penulisan
Tulisan populer ditulis dengan tujuan untuk memberikan informasi tertentu kepada khalayak ramai. Sementara tulisan ilmiah ditulis dengan tujuan untuk menyelesaikan tugas akhir kuliah di universitas, maupun untuk melakukan suatu penelitian secara mendalam terhadap objek yang diteliti.

5. Bahasa penulisan
Tulisan populer menggunakan bahasa umum di masyarakat, tidak terlalu terikat dengan kaidah penulisan seperti Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) misalnya. Sementara tulisan ilmiah menggunakan bahasa baku yang sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah yang baik dan juga benar, dan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).
Demikian perbedaan antara tulisan ilmiah dengan tulisan populer. Setelah dapat membedakannya, penulis dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Sehingga dapat melakukan penulisan dengan lebih terarah dan memahami berbagai macam tulisan.
----
Pertanyaannya, apa sajakah jenis tulisan yang membuat orang-orang selalu berlari menuju blog anda setiap mengakses internet?

Ini jawabannya.
Tulisan How-To. Tulisan yang menerangkan bagaimana anda melakukan sesuatu (how-to) merupakan salah satu jenis tulisan paling dicari di internet. Banyak orang suka karena tulisan jenis ini langsung menawarkan solusi dari masalah yang sedang dihadapinya.contohnya bagaimana meningkatkan penghasilan anda? bisa juga, bagaimana solusinya agar produk anda tidak basi ?

Tulisan Berita Terbaru. Berita hangat yang baru saja/sedang terjadi termasuk yang paling dicari internet. Orang mencarinya karena ingin tahu bagaimana perkembangan terbaru dari berita yang diminatinya.
Contoh seperti tulisan ariel cut tari atau ariel luna maya. Memang kebanyakan jenis tulisan ini didominasi oleh portal-portal berita. Namun bagi anda yang punya blog dengan niche-niche tertentu tidak perlu khawatir. Selalu ikuti perkembangan terbaru dalam niche anda dan anda bisa tuliskan berita terbaru dalam sudut pandang anda sendiri.

Tulisan Motivasi. Agar terus bersemangat, orang kadang butuh suntikan dari luar. Nah, di sini tulisan-tulisan berjenis motivasi memenuhi kebutuhan tersebut. Tak heran juga kalau sekarang blog-blog motivasi terus bermunculan karena dibutuhkan banyak orang.
Tulisan Berbentuk Daftar (list). Tulisan berbentuk list (daftar) mudah dicerna. Sehingga banyak yang menyukainya.contohnya seperti postingan ini,meskipun sedikit listnya tapi cukup bermanfaat.

Tulisan tentang Kontes. Anda sudah pernah mengadakan kontes? Jika belum anda bisa adakan dan umumkan lewat tulisan di blog anda. tidak harus berhadiah, tapi bisa disesuaikan dengan kondisi anda.
Diadakannya kontes menarik dan menambah interaktif blog anda. Sebab peserta kontes akan saling terpacu untuk menunjukkan yang terbaik.
Tulisan tentang Review Produk. Informasi tentang produk dibutuhkan banyak orang. Oleh karenanya anda bisa tuliskan . Tidak harus produk informasi, namun bisa juga produk fisik yang baru anda beli. Tulisan anda ini akan membantu orang-orang yang membutuhkan informasi tersebut.
Tulisan Penjelasan suatu Istilah. Banyak orang yang belum mengerti arti sebuah istilah. Nah, tulisan jenis ini akan menjelaskan suatu istilah agar orang yang sebelumnya tidak paham menjadi mengerti yang dimaksudkannya.

Diolah dari berbagai sumber

Comments

Popular posts from this blog

Seharusnya "Kopi" Jadi Simbol Perlawanan

Di sebuah kedai kopi petang itu. Suasana begitu riuh  tatkala pengujung di salah satu deretan meja kedai itu tertawa lepas setelah berujar. Mungkin mereka sedang berbagi pengalaman, entalah: yang pasti mereka sekelompok orang dengan perawakan mapan dan kekinian tampak bahagia dengan segelas kopi. Ada canda, ada tawa, ada pula diskusi, mungkin  juga mereka sedang membicarakan bisnis. Kedai Kopi, kini jadi salah satu pilihan untuk nongkrong-menghabiskan waktu dan uang bahkan tempat para pembual.

Suku Betawi Yang Tersingkir dari Ibu Kota

Jakarta, lebih dekat dengan suku Betawi, karena mereka mengkalim dirinya sebagai suku asli. Sekitar pukul 07 pagi, saya bertemu dengan salah seorang tukang ojek yang mangkal di daerah Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, tidak jauh dari kantor TEMPO. Mansyur, nama tukang ojek ini dan mengaku orang Betawi tulen. Pagi itu, saya ditugaskan untuk meliput acara Menteri Kelautan dan Perikanan, oleh Redaktur Ekonomi dan Bisnis, harian TEMPO. Karena saya baru di Jakarta, tentu saya bingung dimana alamat kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan tersebut.

Kolema, Holiwood Bau-Bau

Jika anda belum pernah melihat langsung Landamark Holliwood di Los Angeles, Amerika Seri, anda tak perlau jauh-jauh ke sana. Sebab, Landamark bergengsi dunia itu, anda bisa temui di Kota Baubau. Tulisan Baubau, yang memanjang di atas Bukit Kolema, benar-benar menyerupai tulisan Holliwood di Los Angeles-Amerika. Bukit Kolema terletak sekitar lima kilo meter arah Timur kota Bauabu dengan ketinggian sekitar  lebih dari  seratisan meter dari permukaan laut. Di puncak bukit itu dibangun pelataran gantung  (taman) dan satu tembok bertuliskan ”Baubau” sepanjang 30 meter dan tinggi 15 meter. Tulisan Baubau, terlihat jelas dari kejauhan, khusnya dilihat ketika anda berada di tengah laut. Dengan letak yang menghadap ke barat seakan menyambut kedatangan anda di kota Baubau yang semerbak Dahulu, taman gantung bukit Kolema hanya dikenal hanya beruap jurang yang curam dan ditumbuhi semak belukar, serta terkenal angker. Di lokasi ini juga sering terjadi kecelakaan yang diduga disebab