Skip to main content

Menguak Kebenaran Melalui Jurnalisme Sastrawi

Di ujung pena ini, kebenaran itu akan terkuak dengan gamblang. Karena di setiap goresan itu akan mengungkap makna yang sebenarnya; tidak hanya sekedar mendikte mereka yang telah bertutur tapi kita melihat suatu peristiwa itu dalam sudut pandang yang berbeda. Inilah tugas berat Jurnalis yang tidak sekedar menyajikan informasi atas suatu peristiwa melainkan ia bertindak sebagai yang mungkin Dewa dalam mengungkap kemunafikan di ruang sosial. Ada sejumlah peristiwa bahkan fenomena yang tak lazim  di Negeri ini yang dampaknya tidak main-main. Sebagian mengancam jiwa dan lebihnya menelan jiwa.


Dibalik peristiwa ini pun sebagian penuh dengan rekayasa hanya untuk menyelematkan seorang yang mungkin itu orang penting di Bangsa ini. Peran Jurnalis terhadap ilustrasi ini adalah tidak sekedar melaporkan ia sedang melihat apa melaikan ia melakukan penelusuran secara mendalam. Hingga ia dapat menelisik mengapa mereka melakukan suatu perbuatan keji yang mengorbankan orang belum tentu bersalah. Inilah sebenarnya yang ingin saya katakan bahwa salah satu unsur untuk menemukan kebenaran "Mari kita memulainya dengan Jurnalisme Sastrawi" sebagai sajian yang sistematik dan objektif.

Mungkin sebagain Jurnalis/Wartawan tidak begitu akrab dengan istila Jurnalisme Sastrawi. Jurnalis kita masih nyaman dengan menyajikan informasi yang bersifat Stright News dengan tidak melihat dari sisi lain suatu peristiwa. Jurnalisme Sastrawi merupakan salah satu genre dalam penulisan jurnalistik. Gaya penulisan Jurnalisme Sastrawi lebih fleksibel, narativ (narrative reporting) dan mampu mempengaruhi pembaca hingga larut dalam uraian peristiwa yang kita laporkan. Menulis dengan gaya Jurnalisme Satrawi, seorang Jurnlais harus melakukan repostase yang menyeluruh, wawancara dengan menggunakan sudut pandang lain atau menggunakan sudut pandang orang ketiga   (third person point of view) melihat suatu peristiwa.

Dalam setiap untaian kata kita harus menguarainya dengan gaya sastra-menggambarkan karakter dalam setiap dramanya, adegan per adegan. Bahkan dari hasil reportase dan investigasi, kita mendeskripsikannya dalam tulisan yang detail, menggambarkan adegan peradegan hingga tak ada peristiwa yang direkayasa. Jadi, dalam tulisan Jurnalisme Sastrawi sangat panjang dan utuh bahkan laporannya tak bisa dipecah-pecah dalam beberapa laporan. Barangkali inilah sebabnya Seno dalam menyusun narasi jurnalisme sastrawi seolah-olah tak ada faktanya. Ia melibatkan imajinasinya terhadap bahan liputan jurnalistiknya. Hal ini tak bisa disalahkan. Alasannya, penulisan jurnalistiknya lebih cair, dalam, naratif, dikemas dengan gaya bahasa sastra, layaknya sebuah novel.


Indonesia tak memiliki sejarah Jurnalisme Sastrawi sejauh ini. Tokoh-tokoh pers era kolonial seperti, H. Kommer, Mas Marco Dikromo, Tirto Adisurjo juga tidak memperkenalkan karya tulis dengan genre Jurnalisme Sastrawi. Begitu juga Mochtar Lubis, Umar Said, L.E. Manuhua,  Rosihan Anwar dan Joesoef Isak tidak menyuguhkan informasi yang naratif dengan laporan yang utuh bergaya sastra. Kendati mereka menulis cerita yang tidak lebih dari 2000 karakter dengan gaya sastra pula, tapi tulisan itu hanya berupa esay.

Jurnalisme sastrawi berkembang di Amerika Serika pada 1962 oleh Tom Wolfe. Tom memperkenalkan genre ini dengan nama “new journalism”. Wolfe dan Johnson menganggap genre ini berbeda dari reportase sehari-hari karena dalam benrtutur ia menggunakan adegan demi adegan (scene by scene construction), reportase yang menyeluruh (immersion reporting), menggunakan sudut pandang orang ketiga (third person point of view), serta penuh dengan detail. Di Amerika tulisan panjang yang naratif mendapat tempat tersendiri di hati pembaca. Jurnalisme Sastrawi diterbitkan pada majalah Time dan News Week. Sementara di Indonesia, Jurnalisme Sastrawi mungkin dimulai dari Goenawan Muhammad yang diterbitkan di Tempo.

"Jurnalis harus menjadi pilar pemersatu diantara golongan-golongan melalui goresannya yang jujur. Sebagai penyelamat tatkala kebenaran direkayasa. Dan ketika kemerdekaan dan keadilan hanya milik segelintir orang, maka Pers akan bicara"




Comments

Popular posts from this blog

Seharusnya "Kopi" Jadi Simbol Perlawanan

Di sebuah kedai kopi petang itu. Suasana begitu riuh  tatkala pengujung di salah satu deretan meja kedai itu tertawa lepas setelah berujar. Mungkin mereka sedang berbagi pengalaman, entalah: yang pasti mereka sekelompok orang dengan perawakan mapan dan kekinian tampak bahagia dengan segelas kopi. Ada canda, ada tawa, ada pula diskusi, mungkin  juga mereka sedang membicarakan bisnis. Kedai Kopi, kini jadi salah satu pilihan untuk nongkrong-menghabiskan waktu dan uang bahkan tempat para pembual.

Suku Betawi Yang Tersingkir dari Ibu Kota

Jakarta, lebih dekat dengan suku Betawi, karena mereka mengkalim dirinya sebagai suku asli. Sekitar pukul 07 pagi, saya bertemu dengan salah seorang tukang ojek yang mangkal di daerah Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, tidak jauh dari kantor TEMPO. Mansyur, nama tukang ojek ini dan mengaku orang Betawi tulen. Pagi itu, saya ditugaskan untuk meliput acara Menteri Kelautan dan Perikanan, oleh Redaktur Ekonomi dan Bisnis, harian TEMPO. Karena saya baru di Jakarta, tentu saya bingung dimana alamat kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan tersebut.

Kolema, Holiwood Bau-Bau

Jika anda belum pernah melihat langsung Landamark Holliwood di Los Angeles, Amerika Seri, anda tak perlau jauh-jauh ke sana. Sebab, Landamark bergengsi dunia itu, anda bisa temui di Kota Baubau. Tulisan Baubau, yang memanjang di atas Bukit Kolema, benar-benar menyerupai tulisan Holliwood di Los Angeles-Amerika. Bukit Kolema terletak sekitar lima kilo meter arah Timur kota Bauabu dengan ketinggian sekitar  lebih dari  seratisan meter dari permukaan laut. Di puncak bukit itu dibangun pelataran gantung  (taman) dan satu tembok bertuliskan ”Baubau” sepanjang 30 meter dan tinggi 15 meter. Tulisan Baubau, terlihat jelas dari kejauhan, khusnya dilihat ketika anda berada di tengah laut. Dengan letak yang menghadap ke barat seakan menyambut kedatangan anda di kota Baubau yang semerbak Dahulu, taman gantung bukit Kolema hanya dikenal hanya beruap jurang yang curam dan ditumbuhi semak belukar, serta terkenal angker. Di lokasi ini juga sering terjadi kecelakaan yang diduga disebab